Pangkat

Pengertian pangkat adalah suatu tingkatan dalam jabatan kepolisian, kepegawaian, ketentaraan dan atau dalam sebuah organisasi, pangkat menunjukkan kedudukan atau derajat dari tingkatan terendah sampai tingkatan tertinggi.
Pangkat dapat dibedakan berdasarkan warna, bentuk seragam dan lambang yang dikenakan
Pangkat dapat dibedakan berdasarkan warna, bentuk seragam dan lambang yang dikenakan


Pangkat Polisi dan Militer


Pangkat dalam jajaran militer adalah sistem hubungan hirarkis sepanjang garis militer. Biasanya, seragam dan lambang pangkat yang dipakai menunjukkan peringkat atau tingkatan pangkat pemakainya. Sistem kepngkatan digunakan oleh seluruh militer dan kepolisian di seluruh dunia karena kaitannya dengan perintah, dan koordinasi; karena semakin hari koordinasi sebuah lembaga kepolisian maupun militer semakin kompleks terkait masalah operasional komando dan kontrol kelembagaan maka penggunaan sistem kepangkatan ini sangat penting.

Pangkat dalam kepolisian dan mliter yang kita kenal saat ini berasal dari etimologi bahasa persia رنگ rang yang berarti warna, oleh karenanyalah pangkat di dalam lembaga POLRI maupun TNI dapat dibedakan berdasarkan warna, baik itu lambangnya maupun seragamnya.

Asal Mula Pangkat dalam Dunia Moderen


Pada akhir abad pertengahan struktur pangkat tentara menjadi lebih formal. Para petugas dengan kedudukan tinggi dikenal sebagai perwira dan pangkat mereka berasal dari komisi kerajaan, komisi militer yang bertugas melayani dan menjaga para aristokrasi daratan Eropa dan bangsawan Inggris.

Unit dasar dari tentara abad pertengahan adalah perusahaan, sekelompok prajurit yang ada karena direkrut oleh perusahaan atau para tuan tanah. Pangkat tertinggi dalam struktur ini adalah perwira dengan pangkat kapten. Kapten berasal dari kata capitaneus 'bahasa latin" yang berarti "Kepala".

Petugas yang ditugaskan membantu kapten untuk menjalankan tugas perusahaan adalah letnan. Letnan berasal dari bahasa Perancis "lieu" yang artinya tempat, dan "tenant" yang berarti memegang, dengan demikian "letnan" adalah seseorang yang memegang posisi bila kapten sedang tidak ada. Ketika letnan dalam posisi tidak sedang mewakili kapten, letnan memerintah sebuah unit disebut pleton "Kata ini berasal dari Perancis abad ke-17 'pelote' yang berarti bola kecil atau detasemen kecil para pria".

Sistem kepangkatan terus berubah sejak saat itu, dalam sejarah indonesia sendiri, ketika VOC memerintah di Indonesia pimpinan tertinggi dipegang oleh Gubernur Jenderal "VOC adalah sebuah perusahaan, bukan negara".

Pangkat sangat penting dalam dunia kemiliteran baik itu di Indonesia ataupun negara lain, karena pangkat sedikit banyak berkaitan dengan kewenangan, reward, punishment serta yang terpenting adalah nilai ekonomis sebagai uang imbalan yang disebut Gaji, semakin tinggi sebuah pangkat maka tanggung jawab wewenang gaji dan jabatan biasanya semakin tinggi pula.

0 Response to "Pangkat"

Post a Comment