Pangkat IPTU Adalah !!

IPTU adalah singkatan dari Inspektur Polisi Satu, yaitu tingkatan kedua dalam golongan pangkat perwira pertama di Kepolisian. Sebelum tahun 2001, pangkat IPTU dalam POLRI disebut Letnan Satu, sama dengan pangkat di TNI. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua balok emas lurus mendatar

Berdasarkan definisi Kamus Besar Bahasa Indonesia Inspektur polisi satu adalah pangkat dalam golongan perwira pertama urutan kedua dalam kepolisian, satu tingkat di bawah senior inspektur polisi, satu tingkat di atas inspektur polisi dua (tanda pangkatnya dua balok emas lurus mendatar yang ditempatkan di bahu baju)


Lambang Pangkat Inspektu Polisi Satu "IPTU"


Lambang Pangkat IPTU (Inspektur Polisi Satu)
Lambang Pangkat IPTU (Inspektur Polisi Satu)
IPTU (Inspektur Polisi Satu) Eny Kuswidiyanti Regama
Salah satu wanita dengan pangkat inspektur polisi satu yang banyak menginspirasi kaum hawa di Indonesia adalah Iptu Eny Kuswidiyanti Regama. Wanita yang hobi makan dan traveling ini mengawali karier sebagai polisi sejak 1991 di Departemen Pertahanan dan Keamanan yang saat itu masih tergabung dengan TNI.

Pada tahun 2000, POLRI memisahkan diri dari TNI, yang kemudian IPTU Eny dipindah tugaskan menjadi protokoler di kepresidenan hingga tahun 2007. Setelah tujuh tahun di istana, Eny mengikuti sekolah calon perwira pada tahun 2008 di Mabes POLRI. Kini, Eny menjalankan tugas kepolisiannya di Korlantas POLRI sejak tahun 2009.

Eny menilai kalau pemilihan karier sebagai POLWAN memberikan kesempatan yang luar biasa. Dia pun yakin kalau suatu saat akan ada KAPOLRI wanita. "Untuk posisi jabatan sekarang masih tertentu, belum luas, nanti insya Allah lama-lama akan ada Kapolri wanita, karena wanita itu luar biasa"

0 Response to "Pangkat IPTU Adalah !!"

Post a Comment