Pangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi)

AKP adalah singkatan dari Ajun Komisaris Polisi, yaitu tingkatan tertinggi dalam golongan pangkat perwira Pertama di Kepolisian. Sebelum tahun 2001, pangkat AKP dalam POLRI disebut Kapten, setara dengan pangkat Kapten pada sistem kepangkatan TNI. Tanda kepangkatan POLRI yang dipakai untuk pangkat Ajun Komisaris Polisi adalah tiga balok emas lurus mendatar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak disebutkan definisi tentang AKP (Ajun Komisaris Polisi). Pangkat ini adalaha pangkat tertinggi pada golongan pangkat perwira pertama yang bila ada kenaikan pangkat pangkat selanjutnya adalah Komisaris Polisi (KOMPOL) yang merupakan pangkat terendah dalam golongan Perwira Menengah POLRI.

Lambang Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Lambang pangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi)
Lambang pangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi)

Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) biasanya menjabat sebagai Kapolsek (Kepala kepolisian sektor) di pulau jawa atau banyak diantaranya yang mengisi jabatan Kanit di Polres kabupaten / Kota di Indonesia. Berikut ini adalah sosok polwan berseragam lengkap yang menggunakan tanda kepangkatan Ajun Komisaris Polisi :
Pangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi) dipakai dengan atribut lengkap
Pangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi) dipakai dengan atribut lengkap
Dari gambar ibu polwan diatas, gambar yang manakah yang merupakan polwan berpangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi) seperti yang telah saya definisikan panjang lebar sesuai dengan paragraf diatas? monggo silahkan netizen jawab di kolom komentar dibawah ^^


0 Response to "Pangkat AKP (Ajun Komisaris Polisi)"

Post a Comment